Selasa, 03 September 2013

Rangkaian Listrik Sederhana

Rangkaian listrik sederhana sebenarnya bisa kita temukan sehari-hari dalam kehidupan kita. Banyak rangkaian-rangkaian elektronik dan listrik yang sebenarnya bisa kita buat sendiri. Namun biasanya kita cenderung malas atau mungkin pusing dengan skema gambar rangkaian listrik tersebut. Hal itu memang cukup wajar, pasalnya waktu yang memaksa kita kadang kurang mau untuk belajar untuk rangkaian listrik sederhana tersebut yang sebenarnya cukup mengasyikkan. Anda bisa mempelajari sendiri untuk memberikan pengetahuan kepada putra putri anda atau memang jika anda berniat untuk masuk ke dalam dunia elektronika. Ada banyak materi yang bisa anda temukan melalui media buku, internet hingga media lainnya.

Rangkaian listrik sederhana ini biasanya bisa anda temukan seperi alarm, tanda bahaya anti pencuri hingga beberapa rangkaian seperti alat untuk pendeteksi hujan serta alat untuk membuat anda tidur lelap. Dan sirene pun juga menggunakan rangakaian listrik sederhana. Untuk rangkaian sirene, cara kerjanya cukup mudah dan simpel. Lampu di rangkaian tersebut akan menyala. Dan nyala lampu tersebut akan menyentuh LDR dari rangkaian sirene tersebut. Berkat tersentuhnya LDR, maka akan dihasilkan suara yang akan langsung terdengar. Untuk menentukan besar kecilnya suara, tentu nyala lampu menjadi hal yang paling penting. Jika lampu tersebut bernyala terang, maka suara yang dihasilkan akan keras. Dan sebaliknya terjadi jika nyala lampu redup. Sudah paham bukan bagaimana cara kerja sirene polisi ?

Rangkaian Listrik Sederhana


Sedangkan untuk rangkaian alarm anti maling atau pencuri, rangkaian listrik yang digunakan juga cukup simpel dan gampang untuk dibuat. Untuk membuat komponen ini anda membutuhkan saklar push on, saklar, saklar re-lay dan juga lampu indikator. Sistem kerjanya sendiri cukup simpel. Saklar push on akan menyala dimana koneksi ujung dan ujung akan bersentuhan. Hal tersebut membuat saklar akan menarik saklar re-lay menjadi on. Dan hal ini akan membuat lampu akan terus menyala. Jika anda sudah berhasil membuat rangkaian listrik ini, gabungkan dengan sirene dan pasang di rumah anda untuk mencgah pencuri masuk. Mudah bukan ? Demikian penjelasan singkat mengenai Rangkaian Listrik Sederhana, baca juga artikel menarik lainnya seperti Rangkaian Counter dan Rangkaian ADC.

1 komentar:

  1. [...] sendiri rangaian LED berjalan hasil kreasi anda. Baca juga artikel menarik lainnya, seperti Rangkaian Listrik Sederhana dan Rangkaian [...]

    BalasHapus