Rabu, 20 November 2013

Rangkaian Sensor Sentuh

Rangkaian Sensor Sentuh menggunakan bagian tubuh manusia untuk memberikan resons atau mempengaruhi kinerja dari rangkaian elektronik tersebut. Di dalam rangkaian sensor ini, bagian tubuh manusia akan menjadi sumber dan juga mempunyai ion yang bermuatan listrik untuk membuat sensor sentuh tersebut bekerja. Meskipun besaran ion di dalam tubuh memiliki muatan listrik yang kecil, namun tubuh manusia bisa menjadi alat untuk membuat rangkaian sensor beroperasi secara optimal.

Gambar Skema Rangkaian Sensor Sentuh


Rangkaian Sensor Sentuh

Di dalam gambar rangkaian sensor sentuh diatas, tentu saja rangkaian ini sangat cocok untuk membuat berbagai macam rangkaian seperti rangkaian anti maling dan juga alarm dengan menghubungkan bagian input sensor sentuh tersebut dengan bagian pegangan pintu atau bisa juga ke bagian lainnya yang berada di area rumah anda dimana memiliki kemungkinan untuk tersentuh oleh bagian tubuh manusia. Rangkaian sensor sentuh ini akan menggunakan komponan monostable IC 555 yang akan berfungsi utnuk menghalangi rangkaian load menjadi aktif. Kombinasi antara komponen C1 dan juga VR1 sebagai pastinya menjadi penentu lama serta panjangnya rangakaian tersebut akan akftif ketika disentuh.

Komponen yang digunakan :

- Relay - 12 volt
- D1 dan D2 - 1N4148
- Tr 1- C9012
- Tr 2 - C9013
- Resitor R1- 22 K
- Resitor R2 - 1 M
- Resistor R3 dan R4 - 100 K
- C1 - 1 n

Cara Kerja dari rangkaian sensor sentuh ini adalah ketika komponen Relay sendiri aktif melalui komponen ransistor NPN C9013 atau Q1. Sementara Transistor aktif apabila mendapatkan arus yang cukup pada Transistor PNP C9012 yang akan melalui komponen R1 sebelumnya. Sementara untuk mengaktifkan komponan Tr2, maka harus diberi tegangan yang memiliki besaran lebih kecil dari emitornya yaitu -0.7. Sementara fungsi komponen Dioda dan juga R4 untuk menjaga tegangan agar tetap stabil. Hal ini akan membuat komponen Tr1 akan tetap menyala meskipun sensor dilepas. Sementara fungsi koponen C1 akan menyimpan arus, untuk membuat tegangan di komponen Tr2 seimbang dengan komponen emitornya. Demikian penjelasan singkat mengenai rangkaian sensor sentuh, semoga rangkaian kali ini dapat berguna dan bermanfaat bagi para pembaca.

1 komentar:

  1. […] di area rumah Anda dimana memiliki kemungkinan untuk tersentuh oleh bagian tubuh manusia. Nantinya, rangkaian sensor sentuh ini akan menggunakan komponan monostable IC 555 yang akan memiliki fungsi untuk menghalangi […]

    BalasHapus