Rabu, 25 September 2013

Rangkaian Adaptor Sederhana

Rangkaian Adaptor Sederhana biasanya digunakan untuk memberikan sumber daya kepada beberapa perangkat elektronik yang biasanya anda gunakan sehari-hari. Dan anda juga bisa merangkai sendiri adaptor sederhana tersebut. Dan salah satu jenis adaptor yang bisa anda gunakan dan juga dirangkai adalah adaptor tanpa trafo yang bisa anda lihat skemanya di bawah ini.

Rangkaian Adaptor Sederhana


Untuk membuat rangkaian tersebut, anda harus mempersiapkan beberapa komponen berikut ini :

D1 (Dioda Zener) 1N4741 11V Zener Diode
MISC Line Cord, Board, Wire, Case
BR1 1 Amp 200V Bridge Rectifier
C1 0.39uF 450V/500V Capacitor
C2 220uF 25V Capacitor elektrolit

Dan beberapa catatan yang harus anda ketahui adalah :

  • Untuk meningkatkan besaran dan jumlah arus guna mengalirkan serta mensuplai ke rangkaian, nilai C1 bisa ditingkatkan sesuai dengan kebutuhan. Dan nilai C2 juga bisa ditingkatkan serupa C1 jika ingin mendapatkan nilai atau besaran yang sama.

  • Sementara untuk D1, besaran bisa menggunakan nilai daya yang berbeda. Baik untuk menaikkan atau menurunkan tegangan.

  • Jika sudah selesai merangkai, disarankan untuk memberikan penutup isolator yang tidak menghantarkan listrik. Dan jauhkan pula dengan benda-benda elektronik lainnya agar tidak mengalami kerusakan ketika bersentuhan.

  • Di rangkaian ini pula, anda juga bisa menambahkan komponen berupa resistor yang berfungsi untuk membatasi arus pada rangkaian ketika terhubung langsung dengan listrik. Dan resistor ini bisa dipasang bersama komponen C1 dengan memasang secara seri. Dan ketika listrik berada dalam keadaan penuh, tugas resistorlah yang menghambat arus di dalam rangkaian itu sendiri agar tidak rusak.

  • Nilai kapasitor lebih dari 400 Volt harus anda gunakan pada komponen C1 jika anda menggunakan rangkaian tersebut pada tegangan 220 VAC. Tentunya untuk mencegah kerusakan pada rangkaian tersebut.

  • Komponen tambahan berupa transformator audio 600 Ohm bisa juga anda tambahkan untuk melakukan isolasi pada arus AC.


Demikian artikel rangkaian adaptor sederhana ini yang diharapkan bisa menambah pengetahuan anda.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar