Jumat, 06 September 2013

Rangkaian Amplifier Sederhana

Rangkaian Amplifier Sederhana memiliki skema atau gambar yang cukup mudah. Bagi anda yang gemar mendengarkan musik, tentu bisa membuat sendiri rangkaian amplifier sederhana untuk membuat suara amplifier anda lebih menggelegar. Rangkaian amplifier ini mengeluarkan daya sekitar 8 watt yang didukung dengan sumber daya sekitar 12 volt DC. Untuk membuat rangkaian amplifier ini, anda membutuhkan komponen IC kecil atau LM 383 yang didukung dengan komponen lain. Resistor dan juga elco akan mendukung kinerja dari komponen LM 383 dalam mengeluarkan bunyi pada amplifier ini.

Gambar Skema Rangkaian Amplifier Sederhana


Rangkaian amplifier sederhana

Daya yang dibutuhkan oleh rangkaian amplifier tersebut hanya sekitar 500 mA 12 volt. Dan berikut beberapa keterangan yang terdapat di dalam skema rangkaian amplifier tersebut :

IC1 : LM 383 daya 8 watt Amp IC / TDA 2002
R1 : 2.2 Ohm Resistor
R2 : 220 ohm Resistor
C1 : 10 uf elco
C2 : 470 uf elco
C3 : 0.1 uf capacitor
C4 : 2000 uf elco atau 2200 uf

Gunakan pendingin untuk komponen LM 383 agar tidak cepat panas ketika bekerja. Dan gunakan daya tegangan 12 volt untuk menghidupkan rangkaian amplifier tersebut.

Bagi anda yang masih awam dan pemula dalam bidang elektronika, sangat mudah untuk membuat rangkaian power ampilifier ini. Semua komponen bisa anda dapatkan dengan mudah di toko-toko elektronik di sekitar anda. Bagi anda yang ingin membuat amplifier sendiri, tentu rangkaian ini bisa menjadi langkah awal guna melatih keterampilan anda di bidang elektronik. Di dalam skema rangkaian amplifier ini, anda bisa menemukan potensio yang berfungsi untuk mengatur volume pada suara. Rangkaian amplifier sederhana ini bisa disambungkan ke mp3, vcd, handphone atau smartphone, dvd dan juga komputer desktop atau pc dan juga laptop. Mengerjakan tugas sembari mendengarkan musik dari amplifier buatan anda tentu akan menyenangkan.

Demikian penjelasan singkat mengenai rangkaian amplifier sederhana, semoga bahasan kali ini dapat berguna dan bermanfaat bagi anda semua. Baca juga artikel menarik lainnya, seperti Rangkaian Bel, Rangkaian Audio Mixer dan Rangkaian Sound System.

1 komentar:

  1. […] amplifier stereo yang bisa anda praktekkan sendiri. Baca juga artikel menarik lainnya, seperti Rangkaian Amplifier Sederhana, Rangkaian Audio Mixer dan Rangkaian Amplifier […]

    BalasHapus