Kamis, 05 September 2013

Rangkaian Lampu TL

Rangkaian lampu TL sebenarnya memiliki cara yang cukup simpel. Apalagi lampu TL tentu sudah menjadi sahabat kita sehari-hari di tengah malam untuk menyinari rumah dan yang lainnya. Bisa jadi lampu TL itu seolah menjadi salah satu kebutuhan primer kita. Tentu anda bisa membayangkan bagaimana jadinya jika tidak ada penerangan di malam hari. Dan lampu TL sendiri merupakan salah satu jenis lampu yang terang namun memiliki tingkat kebutuhan energi atau daya yang cukup hemat. Dan sudah menjadi rahasia umum jika lampu TL memang cukup favorit. Meskipun memiliki harga yang lebih mahal, namun lampu TL cukup awet. Tetapi tahukah anda jika rangakain lampu TL itu cukup sederhana ?

Lampu TL membutuhkan komponen trafo ballast di dalamnya. Dan lampu TL yang menggunakan trafo ballast di dalamnya, membutuhkan tenaga starter untuk mengangkat atau menyalakan lampu TL tersebut. Setelah lampu menyala, starter sudah bisa dilepas dan tidak perlu digunakan lagi. Fungsi starter itu sendiri hanya digunakan untuk menyalakan saja. Anda bisa membuat rangkaian lampu TL sendiri jika ingin mencoba untuk membuat rangkaian lampu tersebut. Beberapa media cetak dan juga buku-buku pelajaran serta tutorial sudah banyak yang mengulas bagaimana cara untuk membuat rangkaian lampu TL ini.

Rangkaian Lampu TL

Rangkaian di atas sebenarnya cukup sederhana. Dalam rangkaian tersebut menggunakan transistor 2N3055 dan beberapa komponen lainnya yang bisa anda lihat di skema gambar tersebut. Untuk urusan trafo, anda bisa menggunakan batang ferrit yang dililitkan oleh kawat email tembaga hingga membentuk kumparan di kedua sisinya. Untuk kumparan sekunder, lilitkan kawat email tembaga berdiameter 0.1 mm ke arah lampu TL. Sementara untuk kumparan primer, lilitkan kawat email tembaga berdiameter 0.8 mm yang menuju ke arah sumber daya listrik seperti aki atau daya lainnya. Setelah selesai dengan trafo, rakit sesuai dengan skema tersebut dan rangkaian lampu TL siap dicoba. Anda bisa mencobanya saat listrik di rumah anda sedang padam untuk membantu penerangan dengan menggunakan aki. Selamat mencoba. Baca juga artikel rangkaian lainnya, Rangkaian Kapasitor dan Rangkaian Inverter Sederhana.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar