Selasa, 03 September 2013

Rangkaian LED Berjalan

Rangkaian LED Berjalan sudah sering kita liat di beberapa billboard atau papan nama iklan di pinggir-pinggir jalan di kota-kota besar. Bahkan nama toko pun saat ini sering menggunakan konsep LED berjalan tersebut. Dan anda pun sebenarnya bisa membuat rangkaian LED Berjalan atau biasa disebut Running LED ini. Selain papan billboard, rangkaian LED berjalan yang menarik adalah bentuk rangkaian yang terdapat dalam film Knight Rider. Komponen yang digunakan pun sebenarnya cukup sederhanda dan bisa dengan mudah anda kerjakan sendiri di rumah dengan perlengkapan yang tidak terlalu rumit.

Untuk membuat rangakain LED berjalan ini, anda cukup membutuhkan komponen IC NE 555 yang tentunya bisa membuat lampu LED berkedip-kedip. Selain komponen wajib ini, anda juga harus menggunakan komponen IC 4017 yang membuat lampu LED ini berkedip secara bergantian. Dan komponen lainnya seperti dioda, resistor, capasitor dan juga komponen VR yang bertugas untuk mengatur waktu serta kecepatan putaran lampu LED juga harus sudah anda siapkan. Setelah semua komponen sudah siap. Anda bisa melarutkan gambar rangkaian elektrik ke PCB yang masih kosong. Dan anda tinggal memasukkan komponen-komponen tersebut seperti IC NE 555, IC 4017, VR dan komponen lainnya berdasarkan skema yang telah tergambar di PCB.

Rangkaian LED Berjalan

Selain LED berjalan seperti papan billboard atau papan iklan dijalan, anda juga bisa membuat rangkaian LED yang lebih halus dan smooth seperti mobil di film Knight Rider. Dan untuk membuat rangkaian LED ini, anda membutuhkan IC decade ring counter CD 4017 dan juga IC NE 555 yang digunakan untuk multi vibrator. Dan untuk memudahkan anda meletakkan komponen, skema gambar rangkaian LED tersebut bisa anda larutkan dan letakkan di PCB yang kosong. Dan setelah siap, anda bisa memulai pekerjaan dan melihat hasil dari kreasi anda. Dan tentunya cukup menarik ketika anda bisa menghasilkan sesuatu yang sebenarnya cukup mudah untuk dikerjakan sendiri. Tidak perlu tunggu lama, segera siapkan perlengkapan dan dan memulai untuk mengkreasikan sendiri rangaian LED berjalan hasil kreasi anda. Demikian penjelasan singkat mengenai Rangkaian LED Berjalan. Baca juga artikel menarik lainnya, seperti Rangkaian Listrik Sederhana dan Rangkaian Counter.

1 komentar:

  1. [...] running led sebenarnya memiliki sistem kerja yang sama dengan rangkaian led berjalan. Mulai dari papan billboard dengan lampu flip flop yang bergantian, hingga mobil Kit Knight Rider [...]

    BalasHapus