Senin, 09 September 2013

Rangkaian Arus Searah

Rangkaian Arus Searah atau biasa dikenal dengan arus DC (direct current) sebenarnya selalu mengisi hari-hari anda. Arus searah ini sudah menjadi salah satu arus yang menemani dan berada di sekeliling anda. Lalu apakah pengertian dari arus searah atau arus DC ini ? Rangkaian arus searah ini adalah aliran listrik atau elektron dari titik yang memiliki aliran berpotensi tinggi ke area yang memiliki titik yang memiliki aliran berpotensi rendah. Di dalam kawat penghantar, biasanya terdapat aliran elektron yang memiliki jumlah yang sangat besar. Dan aliran elektron inilah yang bisa menghasilkan arus listrik.

Untuk sumber daya tegangan atau listrik itu sendiri, DC atau rangkaian arus searah menggunakan sumber seperti baterai atau aki, panel surya yang saat ini sudah mulai di populerkan hingga beberapa sumber daya lain yang berfungsi mengalirkan arus searah. Biasanya pula arus listrik searah mengalir pada bahan-bahan konduktor. Namun tidak menutup kemungkinan pula jika arus listrik searah juga akan mengalir di bahan semi konduktor, isolator dan juga di area ruang hampa udara.

Gambar Skema Rangkaian Arus Searah


Rangkaian Arus Searah

Pada awalnya Rangkaian Arus Searah ini mengajarkan dan menampilkan bagaimana sistem kerja arus listrik searah ini yang menghubungkan antara ujung positif ke negatif. Dan sistem sederhananya adalah aliran listrik tersebut mengalir dari ujung atau sumbu positif sumber arus ke arah ujung atau sumbu negatif area tersebut. Namun pada akhirnya ditemukan sebuah pengamatan baru yang menyatakan kebalikannya. Arus searah tersebut mengalir dari ujung sumbu yang negatif ke arah ujung yang positif. Dan dalam proses aliran tersebut, terdapat beberapa area lubang yang membuat kesimpulan bahwa arus listrik tersebut mengalir dari positif ke negatif akibat hadirnya lubang energi di aliran arus searah ini. Untuk mendapatkan arus searah yang terus menerus, tentu aliran arus atau listrik positif yang berada di area berpotensi rendah harus dibawa ke area yang berpotensi tinggi untuk mewujudkan aliran arus searah berkesinambungan. Dan tentunya dibutuhkan beberapa komponen yang bisa menghasilkan gaya gerak listrik tersebut.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar