Senin, 16 September 2013

Rangkaian Catu Daya

Rangkaian Catu Daya atau biasa disebut power supply berfungsi untuk memberikan daya serta tegangan kepada alat elektronik yang anda gunakan. Ada banyak rangkaian catu daya yang bisa anda temui di pasaran. Dan ada 2 jenis catu daya yang bisa anda temukan. Yang pertama adalah catu daya tetap. Rangkaian catu daya tegangan tetap memiliki nilai tegangan yang tidak bisa diatur. Dan nilainya sudah ditetapkan oleh rangkaian tersebut. Sementara rangkaian catu daya yang kedua adalah rangkaian catu daya variabel. Berbanding terbalik dengan catu daya tetap, rangkaian catu daya variabel ini nilai tegangannya bisa diubah-ubah.

Rangkaian catu daya yang baik tentu saja memiliki regulator pada rangkaian tersebut. Dan pemasangan regulator tersebut difungsikan untuk memberikan kestabilan pada tegangan yang keluar jika terjadi perubahan nilai tegangan yang diterima oleh rangkaian catu daya tersebut. LM 7805 merupakan salah satu jenis atau tipe dari regulator untuk tegangan tetap. Regulator LM 7805 ini memiliki 3 terminal yaitu Vin, GND dan juga Vout. Dan perhitungan ketiga terminal ini adalah :

V2 (tegangan puncak) : Vout sekunder / 0.707


Sementara untuk nilai rata-rata dc-nya adalah : Vdc : 0.636 * V2

Rangkaian Catu Daya

Gambar Skema Rangkaian Catu Daya


Sementara dari bentuknya, rangkaian catu daya juga dibagi menjadi 2. Yang pertama adalah catu daya catu daya gelombang penuh dan yang kedua adalah catu daya setengah gelombang. Biasanya rangkaian catu daya gelombang penuh digunakan untuk memberikan suplai kepada power amplifier.

Pada gambar ini merupakan rangkaian catu daya gelombang penuh pada trafo non CT. Anda bisa menggunakan separuh gelombang tegangan lagi sebagai CT. Atau anda juga bisa menggabungkan dua trafo non CT jika ingin mendapatkan catu daya gelombang penuh seperti pada gambar berikut.

Sedangkan untuk rangakain catu daya yang dilengkapi dengan regulator untuk menstabilkan tegangan, skema gambar rangkaian di bawah bisa menjadi alternatif untuk anda. Dan untuk membuat kinerja regulator menjadi maksimal, maka IC Regulator 78xx harus memperoleh tegangan lebih tinggi dari yang dikeluarkan. Biasanya 3 V lebih tinggi. Demikianlah sedikit pengetahuan mengenai rangkaian catu daya yang bisa anda rangkai sendiri.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar