Sabtu, 07 September 2013

Rangkaian Alarm

Rangkaian Alarm tentu digunakan untuk memberikan tanda peringatan bagi anda. Banyak kegunaan dari alarm tersebut. Dan salah satunya adalah alarm untuk mencegah bahaya pencurian. Dan rangkaian alarm anti maling untuk mencegah tindakan kejahatan tersebut sebenarnya bisa anda dapatkan di toko-toko elektronik. Namun alangkah menariknya jika anda bisa membuat dan merangkai sendiri alarm yang anda inginkan disini. Untuk membuat rangkaian alarm sederhana, anda hanya membutuhkan 3 transistor, 3 resistor, potensio meter, kondensator dan juga speaker untuk mengeluarkan bunyi sebagai tanda peringatan yang dihasilkan oleh rangkaian alarm tersebut.

Rangkaian Alarm

Gambar Skema Rangkaian Alarm


Dalam rangkaian di atas bisa dilihat bagaimana rangkaian alarm sederhana ini bisa anda rangkai atau buat sendiri untuk melatih diri anda mengerjakan sesuatu yang simpel dan mudah. Anda bisa menggunakan papan triplek atau mdf yang mudah untuk dilubangi. Atau ingin lebih mudah dan gampang, gunakan papan PCB yang tersedia di toko-toko elektronik. Namun biasanya papan PCB ini digunakan untuk rangkaian yang sudah cukup rumit. Untuk rangkaian ini bisa disambung dengan kawat pada papan triplek tersebut.

Terdapat 2 jenis rangkaian alarm sederhana yang bisa anda buat. Yaitu yang menggunakan lampu dan tidak menggunakan lampu. Sementara untuk skema gambar diatas adalah rangkaian alarm sederhana tanpa lampu. Untuk mengerjakan rangkaian tersebut, anda harus menyiapkan komponen sebagai berikut :

R1 dan R2 : resistor dengan nilai 22 K ohm
R3 dan R4 : 47 K

Kondensator ;

C1 : 0.09 uf
C2 : 100 uf

Transistor :

T1 : BC 109
T2 : 2SB178

Sementara speaker gunakan yang memiliki ukuran 8 inch. Untuk sumber daya sendiri gunakan arus DC 6 volt sebagai sumbernya. Setelah semua komponen sudah tersedia, rangkai seperti skema gambar diatas. Perbedaan antara rangkaian alarm sederhana menggunakan lampu dan tidak, hanya terdapat di komponen potensio meter atau Vr yang bisa diatur sesuai dengan keinginan anda. Semoga pengetahuan mengenai rangkaian alarm sederhana ini bisa berguna untuk anda.

2 komentar:

  1. […] para pemakai mobil disarankan mengunakan atau memasang perangkat keamanan di mobil berupa rangkaian alarm anti maling yang bisa membantu […]

    BalasHapus
  2. […] Rangkaian alarm sederhana ini bisa Anda rangkai atau buat sendiri untuk melatih diri dalam mengerjakan sesuatu yang simpel dan mudah. Salah satunya, Anda bisa menggunakan papan triplek atau mdf yang mudah untuk dilubangi. Namun, jika ingin cara lebih mudah dan gampang, Anda bisa menggunakan papan PCB yang tersedia di toko-toko elektronik. Tetapi biasanya papan PCB ini digunakan untuk rangkaian alarm yang sudah cukup rumit. Pada rangkaian ini bisa disambung dengan kawat pada papan triplek tersebut. Umumnya terdapat 2 jenis rangkaian alarm sederhana yang bisa Anda buat. Satu alarm yang menggunakan lampu dan alarm satunya tidak menggunakan lampu. Namun, untuk mengerjakan rangkaian tersebut Anda harus menyiapkan beberapa komponen. […]

    BalasHapus