Senin, 09 September 2013

Rangkaian Sensor Suhu

Rangkaian Sensor Suhu adalah alat untuk mengukur besaran atau mendeteksi suhu di sekitar lingkungan anda. Sistemnya hampir sama dengan termometer. Bagi anda yang ingin membuat sendiri rangkaian sensor suhu ini, tidak perlu khawatir. Pasalnya rangkaian sensor suhu sederhana bisa dibuat sendiri dengan beberapa komponen yang bisa didapatkan di toko-toko listrik. Sistem kerja dari rangkaian sensor suhu ini adalah bisa mendeteksi besaran suhu yang akan ditampilkan di rangkaian tersebut. Lampu pendeteksi atau LED yang anda pasang, akan menyala jika suhu di sekitar lingkungan anda melebihi acuan yang sudah anda tetapkan di rangkaian tersebut.

Rangkaian Sensor Suhu

Gambar Skema Rangkaian Sensor Suhu


Untuk membuat Rangkaian Sensor Suhu ini, anda membutuhkan beberapa komponen berikut ini :

  • IC LM741 : 2

  • Resistor 1 k : 3

  • Resistor 18 k : 1

  • IC LM35 : 1

  • Potensiometer 10 k : 1

  • LED Merah dan Hijau : 1 per buah

  • Konektor kaki 2 : 2 / Konektor kaki 4 : 1

  • Power Supply ( +12, -12, +5, GND )


Cara kerja Rangkaian Sensor Suhu ini adalah, tegangan sebesar 5 V akan menghidupkan sensor suhu LM 35 yang akan mendeteksi besarah suhu lingkungan di sekitar anda. Setelah itu sensor akan menampilkan besaran suhu yang ia terima. Dan di rangkaian sensor ini menggunakan prinsip ( 1 derajat : 10 mv). Dan jika anda mendapatkan besaran suhu sekitar 320 mv, maka suhu disekitar lingkungan anda berarti 32 derajat.

Nilai dari 320 mv ini merupakan tegangan yang kecil. Oleh sebab itu komponen IC Op Amp LC741 yang pertama bekerja sebagai penguat hingga 10x. Dab nilai 320 mv akan dikalikan 10 menjadi 3200. Tegangan akan keluar di komponen IC Op Amp LC741 yang pertama di kaki ke 6 menuju ke komponen IC Op Amp LC 741 kedua di kaki ke-3. Komponen IC Op Amp LC741 ini berfungsi sebagai komparator. Dan fungsi dari Potensiometer di rangkaian sensor suhu adalah sebagai tegangan referensi atau acuan anda dalam melihat hasil dari proses sensor suhu ini. Dan sebelum aliran tegangan menuju LED, resistor 1 k berfungsi melindungi LED agar tidak mudah putus.

1 komentar:

  1. […] LM35 biasanya digunakan untuk rangkaian sensor suhu yang bisa mengubah besaran panas menjadi tegangan listrik. Pembuatan rangkaian sensor suhu ini […]

    BalasHapus