Senin, 16 Desember 2013

Rangkaian LED Strobo

Rangkaian LED Strobo ini tentu saja sudah sering anda temukan dan juga sudah biasa digunakan oleh para polisi atau juga mobil ambulans dan tentu saja mobil pemadam kebakaran yang sudah sering anda temukan di lingkungan sekitar. Dan orang awam sendiri memang akan sangat asing dengan nama strobo. Biasanya disebut lampu kelap kelip atau lampu mobil polisi. Rangkaian LED strobe ini memang menjadi salah satu nama rangkaian dari Lampu Mobil Polisi tersebut. Mobil polisi memang biasanya memiliki lampu khas yang akan diletakkan di roof panel atau juga di bagian atap mobil ketika sedang mengawal atau bertugas.

Jika rangkaian LED Strobo tersebut menyala dan berkedip-kedip, sirine yang terhubung ke lampu tersebut akan langsung berbunyi seiring dengan lampu LED strobo yang hidup dan berkelap-kelip atau bekerja. Di sini sinyal suara yang diterima serta nyala dari lampu LED Strobo tersebut akan saling berhubungan dan bisa menyita perhatian orang banyak. Dan tentu saja anda juga bisa membuat sendiri rangkaian strobo LED tersebut.

Rangkaian LED Strobo



Gambar Skema Rangkaian LED Strobo


Di rangkaian LED strobo atau juga lampu mobil polisi ini, menggunakan komponan LED yang tidak sulit untuk dirangkai. Sangat mudah untuk membuat rangkaian lampu strobo ini. Dan yang memudahkan adalah komponen yang digunakan di dalam rangkaian akan dengan mudah didapatkan. Rangkaian LED strobe tersebut memang biasanya dipakau untuk melakukan simulasi rangkaian lampu mobil polisi yang pada bagian lampu tersebut akan menyala berkedip secara bergantian atau juga menggunakan semacam plat yang berputar-putar. Dan omponen IC1a berfungsi menjadi osilator gelombang persegi yang memiliki besaran frekuensi yang disesuaikan dengan besaran dari nilai VR1 dimana bisa memberikan efek yang maksimal. Sedangkan gelombang persegi sendiri merupakan buffer di komponen IC1B yang memiliki fungsi guna mendorong komponen IC2. Semenara di Output dari komponen Q0 atau Q2 dan Q7 atau Q9, bisa membuat pertukaran pulsa ganda. Hal ini yang bisa membuat rangkaian LED Strobo bekerja dengan baik.

1 komentar:

  1. […] Demikian penjelasan singkat mengenai rangkaian lampu disco, semoga artikel rangkaian kali ini dapat berguna dan bermanfaat bagi semua orang. Baca juga artikel menarik lainnya, seperti Rangkaian Voltmeter Digital, Fungsi Resistor, Rangkaian MP3 Player dan Rangkaian LED Strobo. […]

    BalasHapus