Selasa, 17 Desember 2013

Rangkaian Sensor LDR

Rangkaian Sensor LDR merupakan salah satu rangkaian yang bisa digunakan untuk sensor terutama sensor cahaya yang bisa digunakan untuk mengubah energi cahaya menjadi sebuaht tegangan listrik di dalam rangakian tersebut. Otomatis rangkaian ini bisa menghasilkan tegangan listrik yang bisa digunakan di dalam rangkaian yang menggunakan cahaya sebagai alat untuk menggerakkannya. Komponen yang biasa dipakai di dalam rangkaian sensor cahaya tersebut adalah komponen LDR atau Light Dependent Resistor, Dioda Foto atau Photo Diode dan juga Photo Transistor.

Cara kerja atau prinsip kerja dari rangkaian sensor LDR ini tentu saja mengubah energi foton menjadi energy elektron. 1 foton bisa menghasilkan 1 elektron. Penggunaan rangkaian sensor cahaya sendiri cukup luas. Dan yang cukup populer dan juga sering digunakan adalah kamera digital.

Berikut beberapa jenis sensor LDR (cahaya) :

- Fotoresistor – Berfungsi untuk mengubah resistansi saat terkena cahaya.
- Sel Matahari - Untuk menghasilkan tegangan dan akan memberikan arus listrik saat terkena cahaya.
- Fotodiode - Ddigunakan saat mode fotovoltaik dan juga fotokonduktif.
- Fototransistor – Untuk menggabungkan beberapa mode.
- Tabung Cahaya – untuk memancarkan elektron saat terkena cahaya.

Rangkaian Sensor LDR

Gambar Skema Rangkaian Sensor LDR


Dari gambar diatas, hambatan pada LDR akan berkurang disebabkan besarnya intensitas cahaya yang akan masuk ke dalam permukaan. Besarnya hambatan LDR ini akan berbeda dan tergantung dari ukuran serta bentuk dari komponen LDR ini. Di dalam rangkaian tersebut, sensor cahaya LDR disusun secara seri dengan menggunakan variable resistor 20 K. VR atau Variable Resistor berfungsi untuk menyesuaikan tingkat sensitifitas di dalam rangkaian ini.

Untuk menggunakan beban dengan memanfaatkan tegangan yang lebih tinggi, tentunya harus memutuskan total pin dari saklar. Jangan ada yang terhubung ke dalam rangkaian sensor tersebut. Saklar ini bisa digunakan di beberapa rangkaian. Dan tentu saja anda tinggal menggant relay saklar tersebut jika mengalami kerusakan. Demikian penjelasan mengenai rangkaian sensor LDR cahaya yang diharapkan bisa memberikan ilmu tambahan.

Demikian penjelasan singkat tentang Sensor LDR, semoga rangkaian kali ini dapat berguna dan bermanfaat. Baca juga artikel menarik lainnya, seperti Rangkaian Lampu Disco, Fungsi Resistor, Rangkaian LDR Sederhana dan Rangkaian LED Strobo.

3 komentar:

  1. […] nantinya dapat berguna dan bermanfaat bagi anda semua. Baca juga artikel menarik lainnya, seperti Rangkaian Sensor LDR, Rangkaian Lampu Disco, Rangkaian Voltmeter Digital dan Fungsi […]

    BalasHapus
  2. […] Baca juga artikel menarik rangkaian lainnya, seperti Rangkaian Anti Maling, Rangkaian Generator, Rangkaian Sensor LDR dan Rangkaian Lampu […]

    BalasHapus
  3. […] semoga artikel kali ini dapat bermanfaat bagi anda. Baca juga artikel menarik lainnya, seperti Rangkaian Sensor LDR, Rangkaian Lampu Disco dan Fungsi […]

    BalasHapus