Minggu, 08 Desember 2013

Rangkaian RC Seri

Rangkaian RC Seri ini memiliki nama lain adalah rangkaian RC Filter dan juga RC Network yang merupakan rangkaian yang tersusun dari beberapa komponen resistor dan juga kapasitor. Rangkaian ini memang akan sering digunakan di rangkaian elektronika. Rangkaian RC juga memiliki rangkaian yang sangat sederhana dimana hanya terdapat 1 resistor dan juga 1 kapasitor.

Rangkaian RC atau rangkaian resistor dan kapasitor ini bisa digunakan untuk penyaring sinyal yang masuk dengan cara menahan sinyal dengan nilai frekuensi tertentu dan juga akan meneruskan sinyal tersebut ke komponen lainnya. Penyaring dari rangkaian RC ini biasanya terdiri dari 4 bagian. Diantara lain adalah high – pass filter, band – pass filter dan Low – pass filter serta band – stop filter.

Rangkaian RC ini biasanya akan menggunakan rangkaian seri dari komponen resistor dan juga kapasitor. Saat rangkaian yang terdiri dari kapasitor memiliki muatan resistor, kapasitor ini akan melepaskan energi yang tersimpan didalam komponen dari resistor tersebut. Beda potensial dari komponen kapasitor sendiri akan bergantung kepada waktu yang akan dihasilkan yang kemudian akan dihitung dengan memakai hukum kirchhoff. Didalam hukum kirchhoff ini sendiri akan menyatakan arus yang melewati kapasitor, tentu harus sama dengan arus yang melewati dari komponen resistor tersebut.

Gambar Skema Rangkaian RC Seri


Rangkaian RC Seri

Sementara untuk bentuk matematika yang terdapat di rangkaian ini sendiri akan diturunkan dengan memakai hukum kekekalan energy di dalam rangkaian tersebut. Gaya gerak listrik pada komponen baterai, tentu akan memiliki jumlah tegangan yang sama pada resistor dan juga kapasitor. Tahanan ini tentu saja termasuk seluruh tahanan di dalam rangkaian tersebut termasuk baterai.

Persamaan dari rangkaian RC Seri ini tentu saja bisa dilihat pada muatan Q yang terletak di komponen kapasitor dimana Q : 0 dan pada t : 0. Dari persamaan ini dicapai harga maksimum Q : C. Besarnya RC ini adalah konstanta waktu atau time constant pada rangkaian. Demikian sedikit info mengenai rangkaian RC Seri yang bisa bermanfaat.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar