Jumat, 25 Oktober 2013

Rangkaian ATS Genset

Rangkaian ATS Genset ini adalah rangkaian yang akan secara otomatis memindahkan sumber tegangan dari PLN ke generator jika terjadi pemutusan atau putusnya sumber tegangan dari PLN. Bila Anda memiliki catu daya lebih dari satu dan juga mempunyai back up power seperti menggunakan sumber dari PLN dan juga memiliki Backup oleh generator penggerak diesel atau bensin, tentu saja anda harus sering bergantian untuk menggunakan kedua sumber tersebut. rata-rata menggunakan handle Cam Switch atau COS ( Change Over Switch ) untuk melakukan pemindahan tersebut.

Namun perkembangan dunia elektrikal saat ini memang akhirnya bisa membuat beberapa kemudahan seperti Automatic yang biasa disebut ATS atau Auto Transfer Swith yang memiliki fungsi secara Automatic guna memindahkan daya sesuai dengan kebutuhan tanpa harus menggunakan rangkaian ATS genset. Biasanya pula ATS ini akan ditambahkan AMF atau Automatic Main Failure yang biasa digunakan untuk mengkontrol kendali terhadap generator backup yang biasanya untuk memberikan perintah hidup mati mesin Generator tersebut.

Rangkaian ATS Genset


Di dalam jenis ATS tersebut biasanya pula di bedakan menurut kapasitas daya yang di butuhkan atau Phasa dan juga Ampere yang melalui panel tersebut. Tidak terlalu susah untuk membuat ATS bagi yang memiliki dasar-dasara mekanik dan juga elektrik. Namun pada dasarnya membuat ATS tersebut pastiny membutuhkan penalaran logika matematika kala merangkai beberapa alat Timer, relay, hingga kontraktor. Alat tersebut memang biasanya merupakan saklar atau pemutus hubungan.

Fungsi dari ATS ini sebenarnya sangat sederhana dan cukup simpel. ATS ini akan bekerja ketika sumber listri dari PLN mati atau mengalami masalah sehingga membuat Genset akan hidup atau aktif. Dan ATS ini lah yang akan bertugas untuk menghidupkan listrik tersebut. Sama halnya jika sumber listrik dari PLN hidup kembali, ATS ini akan mematikan generator dan menghidupkan lagi listrik dari PLN. Rangkaian ATS Genset memang akan memudahkan kinerja anda untuk memindahkan dan juga mengaktifkan generator atau genset ketika PLN mengalami masalah atau mati listri di sekitar tempat anda. Dan ATS ini yang akan mematikan genset ketika PLN sudah aktif kembali.

1 komentar:

  1. […] dalam rangkaian ATS genset sendiri biasanya akan di bedakan berdasarkan dari kapasitas daya yang memang dibutuhkan serta nilai […]

    BalasHapus