Rabu, 16 Oktober 2013

Skema Rangkaian Subwoofer

Skema Rangkaian Subwoofer ini biasanya terdapat di audio-audio mobil dan juga di speaker-speaker yang berfungsi untuk membuat suara speaker lebih menggelegar lagi. Dan memang subwoofer bisa membuat suara speaker anda menjadi lebih terdengar maksimal dan membahana. Apalagi jika anda menggunakannya untuk mendengarkan musik atau film. Pengertian dari subwoofer itu sendiri adalah perangkat atau komponen untuk mengangkat dan menangkap frekuensi rendah karbon dari frekuensi 20 Hz sampai dengan 200 Hz. Rangkaian perangkat tambahan pada speaker ini memang lebih difungsikan untuk menambah atau mengangkat suara-suara rendah seperti bass.

Rangkaian subwoofer ini harus mengeluarkan suara yang bisa mencukupi dan memenuhi standar kemampuan pendengaran manusia. Usahakan suara yang dihasilkan berkisar di frekuensi sedang. Jangan terlalu nyaring dan juga terlalu rendah yang bisa mengakibatkan suara kurang nyaman didengar. Oleh sebab itu perangkat speaker difungsikan untuk membantu proses pengaliran suara tersebut. Akan tetapi perangkat speaker mempunyai keterbatasan dalam melakukan proses aliran suara ini di area-area dengan frekuensi yang tidak bisa dijangkaunya.

Skema Rangkaian Subwoofer

Rangkaian subwoofer ini memang berguna untuk menambahkan rentan frekuensi pengeras suara yang memiliki frekuensi lebih tinggi. Dan di dalam rangkaian subwoofer ini, biasnaya terdapat beberapa transduser pengeras suara dimana berfungsi untuk menghentikan tekanan udara ketika melawan deformasi. Speaker yang bisa digunakan dalam rangkaian subwoofer ini sangat bervariasi. Speaker yang biasa menerima frekunesi 3500 Hz sampai dengan 20 KHz ini memang bekerja di frekuensi yang tinggi. Sementara speaker Midrange mampu menangkap frekuensi dari 350 Hz sampai 4500 Hz. Sedangkan speaker Midwoofer mampu menangkap frekuensi sebesar 80 – 350 Hz dan speaker yang mampu menangkap frekuensi di bawah 40 Hz.

Untuk urusan desain, tentu saja skema rangkaian subwoofer bisa dikreasikan. Dan rata-rata adalah menggunakan desain reflek bass dimana menggunakan radiator pasif. Biasanya desain ini memiliki ukuran yang sedang dan juga tidak terlalu besar serta memiliki harga cenderung murah. Dan rangkaian atau perangkat subwoofer ini memiliki transduser yang didukung oleh perangkat diluar subwoofer tersebut.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar