Jumat, 25 Oktober 2013

Rangkaian CDI Racing

Rangkaian CDI Racing tentu sudah dimengerti oleh para penikmat dunia otomotif. Salah satu piranti booster kelistrikan premium ini memang sudah banyak dijual di pasaran. Cara penerapannya yaitu mampu mengawetkan aki dan juga bisa membuat klakson akan bersuara lebih nyaring. Bukan hanya itu saja, namun kecepatan motor juga akan lebih kencang dan bertenaga dibanding aslinya. Namun ternyata rangkaian ini bisa dibuat sendiri. Dan harganya pun tidak perlu mahal-mahal. Dasar dari booster kelistrikan sendiri adalah bersifat kapasitansi yang berfungsi untuk pembangkit daya reaktif.

Dari hasil perhitungan rumus dasar ditemukan bahwa kapasitas kapasitor yang bisa secara maksimal dan juga optimal mendukung kinerja kelistrikan motor adalah berukuran 10.000 uF atau bisa juga dibaca 10.000 mikro farad. Sementara di piranti utama yang bisa anda gunakan pada rangkaian CDI racing adalah komponen elektronika electrolyt capacitor atau biasa disebut elco. Gunakan Elco yang memiliki kapasitas 10.000 mikro farad dengan besaran tegangan kerja minimal 50 V. Elco ini adalah jenis kapasitor DC dimana digunakan untuk booster kelistrikan DC.

Rangkaian CDI Racing


Selain elco, tentu saja jangan lupa untuk mempersiapkan kabel dan juga konektor untuk menghubungkan kapasitor ke aki. Cara meraktinya adalag sambung kaki-kaki elco ke kabel. Untuk membedakan kaki-kaki tersebut, kaki negatif biasanya ditandai dengan marking berupa strip minus. Hubungkan kabel negatif dan juga positif dari elco ke kutub negatif dan juga positif aki. Jangan sampai anda memasngnya terbalik. Pasalnya elco bisa meledak.

Piranti Booster ini tentu bisa mengoptimalkan kinerja semua komponen dari kelistrikan motor yang bertipe DC. Kecepatan motor bakal jauh lebih bertenaga dan cepat. Sementara pada bagian lampu yang menganut kelistrikan DC akan lebih silau. Perubahan dan pengaruh tersebut bisa langsung dirasakan ketika anda memasang booster ini. Namun hanya untuk kelistrikan DC saja yang bisa pada rangkaian CDI racing. Sementara untuk kelistrikan AC ada cara tersendiri. Dan biasanya memang memiliki komponen yang berbeda dengan rangkaian CDI yang menggunakan kelistrikan DC di dalam rangkaian tersebut. Menarik bukan jika anda bisa membuat booster sendiri ?

Tidak ada komentar:

Posting Komentar