Rabu, 30 Oktober 2013

Rangkaian Timer Sederhana

Rangkaian timer sederhana adalah rangkaian penanda waktu atau pengingat waktu. Pada dunia eletronika, rangkaian timer ini mudah sekali anda temukan contoh pengaplikasiannya. Seperti pada jam tangan digital atau perangkat lainnya. Dan anda pun bisa membuat dan merangkai sendiri rangkaian timer sederhana sendiri. Salah satu rangkaian timer sederhana yang bisa anda buat tentu saja menggunakan komponen IC LM 555 Atau juga transistor.

Rangkaian Timer Sederhana

Pada gambar atau skema diatas, terdapat rangkaian timer sederhana dengan menggunakan komponen transistor. Untuk perhitungan dasarnya, nilai transistor tersebut didapatkan dengan 1 / (nilai transistor x nilai kapasitor) yang disimbolkan t = 1/RC. Dan fungsi dari transistor pada rangkaian tersebut sebagai saklar. Sementara komponen dan bahan yang bisa anda gunakan adalah :

  • Transistor BC 546 (Q) – 2 buah

  • Potensiometer 50 k (R var) – 2 buah

  • Resistor ½ W 1 k (R) – 1 buah

  • Capastior 100 uF 10 V – 2 buah

  • LED 0.5 mm – 1 buah

  • Baterai 1.5 V – 2 buah


Untuk cara kerjanya sendiri adalah dimana rangkaian timer sederhana tersebut merupakan rangkaian yang akan melakukan pengisian dan melakukan pengosongan kepada kapasitor di basis kedua transistor tersebut. Untuk menentukan lama pengisian dan juga pengosongan pada kapasitor tersebut, ditentukan oleh banyaknya arus yang akan melintasi resistor ke kapasitor yang bisa dilewatkan ke potensiometer. Faktor lain tentu saja besaran dari kapasitas dari kapasitor itu sendiri. Jika anda lihat dengan seksama, terdapat 2 buah rangkaian yang sengaja di buat dengan besaran dan juga bentuk yang sama untuk melakukan pergantian pengerjaan tersebut. Transistor bisa tersaturasi dengan ditentukan oleh kapasitor yang tegangannya telah mencapai nilai dari tegangan buka dari transistor tersebut. Dan untuk melihat dan juga membuktikan apakah rangkaian berjalan dengan baik, bisa dilihat dari LED yang akan menyala dan mati secara bergantian. Demikian informasi mengenai rangkaian timer sederhana yang bisa anda kreasikan sendiri.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar