Sabtu, 06 Juli 2013

Rangkaian Pencari Sinyal Audio

Rangkaian Pencari Sinyal Audio merupakan rangkaian yang sangat sederhana untuk pemula seperti anda yang terbatas dananya dan tidak mampu untuk membeli komponen apa yang di butuhkan apabila ingin memulai dalam servis elektronik. Rangkaian audio ini sangat berguna untuk menemukan sinyal analog (audio).

Cara kerja dari rangkaian pencari sinyal audio ini cukup mudah untuk dipahami. Input audio di masukkan ke op amp tahap pertama melalui C6, RV1 C4, R4. Tujuan C4 R4 adalah untuk memastikan bahwa masukan pembalik dari op amp tidak terganggu oleh offset DC yang dapat hadir pada RV1. Besaran ini bergantung pada frekuensi sinyal yang bersangkutan. Hal ini terutama disebabkan oleh efek kapasitansi di dalam rangkaian.

Untuk lebih jelasnya, bersama ini saya lampirkan gambar Rangkaian Pencari Sinyal Audio untuk Anda pelajari. Perhatikan baik-baik skemanya. Pahami dengan seksama untuk menghindari kesalahan yang akan terjadi sewaktu Anda merakit rangkaian ini.
R5 dan R6 bias OP amp mengatur output pada setengah tegangan supply C1 decouples hadir setiap sinyal AC di persimpangan dari R5 / R6 dimana nilai-nilai R5 dan R6 ditetapkan oleh R7 dan R4. Sinyal ini kemudian dipisahkan oleh C2 dan diumpankan ke tahap kedua dari U1: B melalui R1.

Gambar Skema Rangkaian Pencari Sinyal Audio


Rangkaian Pencari Sinyal Audio

Akhirnya output dipisahkan melalui C7 yang kemudian terhubung ke loudspeaker kecil berimpedansi 4 sampai 8 ohm yang bisa diperoleh dari handset telepon rusak atau ponsel tua yang bobrok. Ketika kita hendak menguatkan sinyal-sinyal audio, kita harus mempertahankan bentuknya semirip mungkin dengan aslinya. Dengan demikian, salah satu sasaran dari rangkaian penguat audio adalah menghasilkan sinyal tegangan output yang merupakan salinan persis dari sinyal tegangan inputnya, kecuali bahwa amplitudo output jauh lebih besar dari amplitudo input. Kita mengubah sinyal Vin menjadi sinyal Vout.

Demikian penjelasan singkat dari rangkaian pencari sinyal audio. Anda bisa mencoba bereksperimen dengan rangkaian ini. Bagi tukang service, rangkaian ini sangat berguna. Selamat mencoba dan semoga berhasil. Baca juga artikel kami lainnya tentang Rangkaian Phone Broadcaster, Rangkaian Regulator Variable Sederhana dan Rangkaian Power Supply Variable.

3 komentar:

  1. [...] Pendeteksi Ponsel, semoga rangkaian ini berguna. Baca juga artikel elektronika lainnya, tentang Rangkaian Pencari Sinyal Audio, Rangkaian Phone Broadcaster dan Rangkaian Regulator Variable [...]

    BalasHapus
  2. [...] Sedangkan menurut kompleksitas rangkaian, rangkaian ini dibedakan menjadi rangkaian sederhana dan rangkaian majemuk. Demikian penjelasan singkat mengenai rangkaian listrik dan beberapa jenisnya. Semoga artikel rangkaian kali ini beguna bagi yang membaca. Baca juga artikel menarik lainnya, seperti Rangkaian Pemancar FM Stereo, Rangkaian Pendeteksi Ponsel dan Rangkaian Pencari Sinyal Audio. [...]

    BalasHapus
  3. […] Sebuah stasiun radio, baik itu radio FM maupun AM membutuhkan pemancar untuk bisa didengar oleh pendengarnya. Selain sebagai alat informasi, radio sering digunakan sebagai sarana hiburan. Sekarang kebanyakan stasiun radio menggunakan gelombang FM untuk melangsungkan siarannya. Secara kualitas memang karalteristik FM lebih unggul daripada AM. Nah, buat Anda yang ingin mendirikan stasiun radio FM untuk kepentingan komunitas, ada baiknya Anda mencoba Rangkaian Pemancar FM Stereo ini. Demikian penjelasan singkat tentang rangkaian pemancar fm stereo. Baca juga artikel kami lainnya, seperti Rangkaian Pendeteksi Ponsel dan Rangkaian Pencari Sinyal Audio. […]

    BalasHapus