Minggu, 21 Juli 2013

Rangkaian LDR

Rangkaian LDR (Light Dependent Resistor) adalah rangkaian yang sebagian besar komponennya menggunakan resistor yang besar resistansi nilai tahanannya bergantung padaintensitas cahaya yang menutupi permukaan. Biasanya rangkaian ldr kita kenal dengan nama foto resistor, foto konduktor, sel foto konduktif atau komponen lain yang sering digunakan dalam literatur suatu rangkaian.

Apabila intensitas cahaya yang dihasilkan semakin kuat maka nilai tahanannya akan semakin kecil dan makin lemah intensitas cahaya yang dihasilkan. Komponen yang terdapat dalam rangkaian ldr terbuat dari Cadmium Sulphide (CdS). Pada umumnya LDR digunakan sebagai rangkaian sensor cahaya. Fungsi LDR akan tidak bekerja apabila tidak mendapat cahaya yang cukup terang karena komponen yang lain tidak akan menyala.

Pada saat ini telah banyak orang yang menggunakan LDR foto resistor. Komponen yang satu ini tercipta pada abad ke-19 ketika konduktivitas akan selenium ditemukan oleh Smith pada tahun 1873. Sejak saat itu lah di mulai pembuatan beberapa perangkat mulai berkembang. Zat lain yang terdapat pada komponen ini adalah PbS, PbSe dan PbTe yang di pelajari di tahun 1930 dan 1940. Kemudia pada tahun 1952, Rollin dan Simmons mengembangkan LDR menggunakan silikon dan germanuim.

Gambar Skema Rangkaian LDR


Rangkaian LDR

Simbol dari rangkaian ldr adalah penggabungan resistor dan menunjukan bahwa resistor tersebut sensitif terhadap cahaya. Simbol dasar LDR memiliki persegi panjang yang di gunakan untuk menunjukan fungsi resistansinya dan kemudian memiliki dua anak panah masuk yang di gunakan untuk menunjukan sesitivitasnya terhadap cahaya. Sebagian dari LDR menggunakan lingkaran pada resistornya dan sebagian lagi tidak.

Mekanisme rangkaian LDR menggunakan komponen konduktor di antara dua pin. Dan pada saat permukaan terkena cahaya maka akan terjadi perubahan resistansi dari komponen tersebut. Mekanisme dalam ldr yaitu suatu pristiwa perubahan nilai konduktansi bahan semikonduktor pada saat energi foton di serap oleh cahaya. Bahan semikonduktor hanya di gunakan sebagai elemen resistif dan tidak ada koneksi PN-nya.

Demikian penjelasan singkat mengenai rangkaian LDR, semoga rangkaian tersebut nantinya berguna dan bermanfaat bagi pembaca setia www.rangkaianelektronika.org. Baca juga artikel menarik lainnya, seperti Rangkaian Sound System, Rangkaian Thevenin dan Rangkaian Tone Control.

4 komentar:

  1. [...] berguna dan bermanfaat bagi pembaca setia. Baca juga artikel rangkaian elektronika lainnya, seperti Rangkaian LDR, Rangkaian Sound System dan Rangkaian [...]

    BalasHapus
  2. […] Rangkaian LDR Sederhana merupakan salah satu rangkaian yang menggunakan komponen LDR yang menjadi salah satu komponen di bidang elektronika yang mempunyai hambatan yang bisa berubah sesuai dengan perubahan intensitas cahaya yang diterima oleh komponen LDR tersebut. LDR sendiri merupakan singkatan dari Light Dependent Resistor atau bisa juga disebut Resistor yang dipengaruhi oleh cahaya. […]

    BalasHapus
  3. […] berguna dan bermanfaat bagi pembaca setia. Baca juga artikel rangkaian elektronika lainnya, seperti Rangkaian LDR, Rangkaian Sound System dan Rangkaian […]

    BalasHapus
  4. […] www.rangkaianelektronika.org. Baca juga artikel rangkaian lainnya, seperti Rangkaian Audio Mixer, Rangkaian LDR dan Rangkaian Sound […]

    BalasHapus