Selasa, 16 Juli 2013

Rangkaian Speaker Aktif

Rangkaian Speaker Aktif merupakan jenis transduser yang banyak di gunakan untuk mengubah sinyal elektrik menjadi frekuensi audio dengan cara menggetarkan komponen yang berbentuk selaput. Untuk membuat rangkaian ini tidak perlu bingung, karena komponen yang digunakan paling banyak di jual dipasaran, namun harga sebuah rangkaian ini tidak bisa di bilang murah sehingga akan akan berfikir ulang untuk membelinya.

Cara membuat speaker aktif sebenarnya cukup sederhana, karena inti dari pembuatan rangkaian ini hanyalah sebuah amplifier yang sudah di packing menjadi satu bagian dengan speaker yang akan kita pakai dan di tempatkan di dalam sebuah tabung speaker. Setelah semua rangkaian sudah siap, sekarang anda hanya tinggal menyiapkan speaker dan box speakernya.

Rangkaian Speaker Aktif

Gambar Skema Rangkaian Speaker Aktif


Dalam dunia elektronika terdapat berbagai macam jenis-jenis speaker aktif. Barikut ini kami jelaskan satu persatu dari speaker aktif tersebut :

Speaker Dual Cone
Desain dari speaker ini paling efisien dan berharga murah, biasa dilihat distandar mobil baru. Dentuman suara yg dihasilkan rata2 nyaris sama, walaupundari berbagai merk. Terdiri dari 2 buah cone ( konus ).

Speaker Split (Terpisah)
Jenis speaker ini adalah jenis terpisah. Woofer, Midrange dan tweeter terpisah.Crossover digunakan untuk membagi frekuensi suara.

Speaker Coaxcial (Terpusat)
Speaker ini terdiri dari woofer, midrange dan tweeter dalam satu poros dan berdekatan. Peranti ini sengaja di desain menghasilkan frekuensi lebih rata.

Sistem dari rangkaian speaker aktif adalah gabungan satu kesatuan komponen yang membawa sinyal elektronik, kemudian menyimpannya dalam CD dan DVD, lalu diproses lagi ke dalam bentuk suara aktual yang dapat kita dengar. Speaker adalah sebuah teknologi yang bisa kita bilang menakjubkan dan juga memberikan dampak yang sangat besar terhadap budaya kita di dunia. Namun, sebenarnya speaker hanyalah sebuah alat yang sangat sederhana.

Cara kerja rangkaian speaker aktif hanyalah membawa sinyal elektrik yang dipancarkan dan mengubahnya kembali menjadi getaran untuk membuat gelombang suara. Speaker menghasilkan getaran yang hampir sama dengan yang dihasilkan oleh mikrofon kemudian direkam dan dikodekan pada perangkat elektronik, seperti radio, CD, LP, dan lain-lain. Speaker tradisional melakukan proses ini dengan menggunakan satu drivers atau lebih. Dari situ dapat kita lihat cara kerja speaker aktif sendiri merupakan kebalikan dari mikrofon.

Demikian penjelasan singkat mengenai rangkaian speaker aktif, semoga rangkaian yang kita bahas kali ini berguna dan bisa memberikan masukan bagi yang membacanya. Baca juga artikel elektronika menarik lainnya, seperti Rangkaian Power Amplifier, Rangkaian Jam Digital dan Rangkaian Subwoofer.

2 komentar:

  1. [...] kali ini berguna dan bermanfaat bagi pembaca. Baca juga artikel rangkaian lainnya, seperti Rangkaian Speaker Aktif, Rangkaian Subwoofer dan Rangkaian Power [...]

    BalasHapus
  2. […] Baca juga artikel menarik rangkaian elektornika lainnya, seperti Rangkaian LED Sederhana, Rangkaian Speaker Aktif dan Rangkaian […]

    BalasHapus