Senin, 15 Juli 2013

Rangkaian RLC

Rangkaian RLC adalah sebuah rangkaian elektronika yang menggunakan komponen resistor, kapasitor dan induktor yang nantinya akan di hubungkan dengan rangkaian seri ataupun rangkaian paralel. Rangkaian rlc sendiri merupakan simbol listrik yang biasa dipakai untuk ketahan, induktansi dan kapasitansi dari masing-masing komponen. Rangkaian ini nantinya juga akan membentuk sebuah osilator harmonik dan secara otomatis beresonansi sehingga disebut juga Rangkaian LC.

Perbedaan dari rangkaian rlc dengan rangkaian lc dapat kita lihat resistor yang digunakan, dimana tiap-tiap osilasi yang timbul di papan sirkuit akan mati dari waktu ke waktu bila tidak berjalan sesuai dengan sumber yang di hasilkan. Problem seperti ini biasanya dampak dari resistor yang biasa kita sebut peredam. Resistansi yang berbeda dari setiap resistor tidak bisa di hilangkan di papan sirkuit, apalagi resistor yang terdapat tidak dimasukan sebagai komponen. Sirkuit LC merupakan salah satu hal ideal yang betul-betul cuma ada didalam teori.

Contoh untuk rangkaian rlc yang dirangkai secara seri harus menggunakan arus ac, nantinya arus listrik akan mendapatkan hambatan berupa R, L dan C. Hambatan tersebut dinamakan dengan impedansi (Z). Impedansi adalah kombinasi yang dirangkai secara vektor dari XL, XC dan XR yang besarannya dapat diukur dengan satuan Z. Berikut ini kami tampilkan gambar dari rangkaian rlc seri :

Gambar Skema Rangkaian RLC


Rangkaian RLC

Ada berbagai macam tipe dari rlc yang banyak dijual di pasaran, sehingga rangkaian ini sangat banyak digunakan dalam berbagai tipe rangkaian osilator sederhana. Bagian terpenting dari rangkaian ini adalah digunakan untuk tuning, contohnya penerima radio atau televisi. Dalam penggunanan tersebut, rangkaian ini berfungsi untuk memilih rentang frekuensi yang sempit dari gelombang radio ambien.

Rangkaian rlc juga sering kita sebut sebagai rangkaian yang disetel, karena rangkaian ini juga bisa digunakan sebagai band-pass filter atau band-stop filter dan tuning aplikasi. Contoh dari band-pass filter adalah filter yang digambarkan sebagai sirkuit order kedua, sehingga nantinya tiap tegangan atau arus pada rangkaian bisa digambarkan dengan persamaan diferensial orde kedua didalam analisis rangkaian.

Elemen terpenting dalam rangkaian ini bisa digabungkan dengan sejumlah cara yang disusun dengan cara seri atau dengan cara paralel. Nantinya akan menghasilkan rangkaian yang simpel dan yang mudah untuk di analisa. Demikian penjelasan singkat tentang rangkaian rlc. Semoga bermanfaat dan berguna bagi pembaca. Jangan lupa baca juga artikel elektronika menarik lainnya, seperti Rangkaian Amplifier, Rangkaian Elektronika Sederhana dan Rangkaian Komparator.

1 komentar:

  1. [...] dan bemanfaat bagi pembaca. Baca juga artikel elektronika lainnya, seperti Rangkaian Amplifier, Rangkaian RLC dan Rangkaian Elektronika [...]

    BalasHapus