Sabtu, 20 Juli 2013

Rangkaian Thevenin

Rangkaian Thevenin merupakan rangkaian teorama yang di gunakan untuk menganalisa sirkuit listrik. Teorama di dalam rangkaian thevenin berguna untuk menunjukan adanya keseluruhan listrik tertentu, kecuali beban yang dapat di ganti dengan sirkuit ekuivalen yang hanya mengandung sumber tegangan listrik independent dengan sebuah resistor yang di hubungkan secara seri, sehingga hubungan antara arus listrik dan tegangan tidak dapat berubah.

Sirkuit skema rangkaian thevenin yang terdapat pada aplikasi teorama di sebut dengan skema ekuivalen thevenin. Dalam skema teorama thevenin di namakan sesuai dengan penemunya, yaitu seorang insinyur yang berkebangsaan Prancis, M. L. Thevenin. Di dalam skema thevenin juga terdapat rangkaian pengganti thevenin, di mana arus yang mengalir serta tegangan yang jatuh pada beban dalam suatu rangkaian elektronika bisa di peroleh.

Rangkaian pengganti yang ada di dalam teorama thevenin berupa tahanan pengganti thevenin (Rth) yang terhubung secara seri dengan tegangan pengganti thevenin (Eth) serta juga di peroleh dari pelepasan beban rangkaian dan melakukan pengukuran pada terminal yang terbuka. Seperti apapun bentuk dari rangkaian elektronika dengan seri atau paralel bisa di gantikan dengan satu buah tahanan.

Gambar Skema Rangkaian Thevenin


Rangkaian Thevenin


Fungsi utama dari rangkaian thevenin adalah menyederhanakan sebagian besar dari sirkuit ekuivalen yang sederhana. Teorama Norton adalah suatu rangkaian listrik yang dapat di sederhanakan dengan hanya terdiri dari satu buah sumber arus yang di hubungkan secara paralel dengan sebuah tahanan ekuivalen pada dua terminal.

Dalam rangkaian thevenin juga terdapat transfer daya maksimum. Transfer daya maksimum terjadi apabila nilai resistansi pada beban sama dengan nilai resistansi sumber, baik di pasang seri dengan sumber tegangan ataupun di pasang paralel dengan sumber arus. Di sini kamu menyarankan supaya anda menggunakan protoboard pada percobaan rangkaian thevenin sehingga anda memahami cara kerja dari rangkaian tersebut.

Untuk dapat memperoleh resistansi pengganti adalah dengan memasukan impedansi dari ujung ujung rangkaian di mana semua sumber tegangan atau sumber arus adi matikan atau di non aktifkan, sumber tegangan itu di gantikan dengan rangkaian short circuit dan rangkaian open circuit.

Demikian penjelasan singkat mengenai rangkaian thevenin, semoga rangkaian kali ini dapat berguna dan bermanfaat bagi pembaca. Baca juga artikel rangkaian lainnya seperti Rangkaian Tone Control, Rangkaian Sirine dan Rangkaian Hambatan Listrik.

3 komentar:

  1. [...] semoga rangkaian kali ini berguna dan dapat bermanfaat. Baca juga artikel menarik lainnya, seperti Rangkaian Thevenin, Rangkaian Tone Control dan Rangkaian [...]

    BalasHapus
  2. […] Rangkaian Mixer merupakan salah satu perangkat yang paling populer setelah microphone. Mungkin kebanyakan dari kita menyebutnya dengan mixer karena fungsinya yang memang mencampur segala suara yang masuk, kemudian menyeimbangkannya, menjadikannya dua stereo, kemudian mengirimkannya ke cross-over baru ke power amplifier dan akhitnya ke speaker. Demikian penjelasan singkat mengenai rangkaian audio mixer, semoga rangkaian kali ini berguna dan bermanfaat bagi pembaca setia. Baca juga artikel rangkaian elektronika lainnya, seperti Rangkaian LDR, Rangkaian Sound System dan Rangkaian Thevenin. […]

    BalasHapus
  3. […] www.rangkaianelektronika.org. Baca juga artikel menarik lainnya, seperti Rangkaian Sound System, Rangkaian Thevenin dan Rangkaian Tone […]

    BalasHapus