Sabtu, 06 Juli 2013

Rangkaian Pendeteksi Ponsel

Rangkaian Pendeteksi Ponsel ini tersusun dari beberapa transmisi mobile beruukuran saku yang dapat merasakan adanya ponsel aktif dari jarak satu setengah meter. Sehingga rangakaian ini dapat digunakan untuk mencegah penggunaan ponsel di beberapa tempat yang dilarang, seperti ruang pemeriksaan, ruang rahasia, dan ruang lainnya. Hal ini juga berguna untuk mendeteksi penggunaan telepon selular untuk memata-matai dan transmisi video yang tidak sah.

Saat ini ponsel memang sudah menjadi bagian yang penting dan juga hal yang biasa dikalangan masyarakat. Hampir semua kalangan masyarakat sudah memiliki handphone. Namun menurut penilitian para ilmuwan ponsel juga mempunyai efek samping.
Efek samping yang di hasilkan yaitu ponsel menggunakan gelombang elektromagnetik dalam mengirim dan menerima pesan. Gelombang elektromagnetik ini dapat menyebabkan pemanasan pada jaringan tubuh. Jaringan tubuh dipanaskan oleh rotasi dari molekul polar yang disebabkan oleh medan elektromagnetik.

Pada saat seseorang sedang menelepon dengan ponsel, efek pemanasan ini akan terjadi pada permukaan kepala dan mengakibatkan kenaikan suhu. Otak memiliki kemampuan untuk membuang kelebihan panas melalui sirkulasi darah. Namun, kornea mata tidak memiliki pengaturan suhu dan dari percobaan pada kelinci, ditemukan bahwa radiasi ponsel dapat menyebabkan katarak.

Gambar Skema Rangkaian Pendeteksi Ponsel


Rangkaian Pendeteksi Ponsel

Jika anda seorang pengajar atau guru, alat ini dapat membantu mendeteksi siswa anda yang tidak mau mematikan handphonenya saat ujian. Tanpa anda harus repot mengumpulkan handphone saat ujian berlangsung satu persatu di depan kelas. Rangkaian pendeteksi ponsel ini dapat menangkap sinyal handphone yang sedang aktif dalam jarak kurang lebih 1 meter. Sehingga jika ada seorang siswa yang melakukan transaksi tukar jawaban melalui call maupun sms akan terlacak meskipun menggunakan mode sillent / modus diam sekalipun.

Rangkaian pendeteksi ponsel ini dapat mendeteksi (baik masuk dan keluar) panggilan, SMS dan transmisi video bahkan jika ponsel disimpan dalam modus diam. Saat bug RF mendeteksi sinyal transmisi dari ponsel yang aktif, maka mulai membunyikan alarm bunyi bip dan LED berkedip. Alarm berlanjut hingga transmisi sinyal berhenti. Demikian penjelasan singkat tentang Rangkaian Pendeteksi Ponsel, semoga rangkaian ini berguna. Baca juga artikel elektronika lainnya, tentang Rangkaian Pencari Sinyal Audio, Rangkaian Phone Broadcaster dan Rangkaian Regulator Variable Sederhana.

3 komentar:

  1. [...] penjelasan singkat tentang rangkaian pemancar fm stereo. Baca juga artikel kami lainnya, seperti Rangkaian Pendeteksi Ponsel dan Rangkaian Pencari Sinyal [...]

    BalasHapus
  2. [...] beguna bagi yang membaca. Baca juga artikel menarik lainnya, seperti Rangkaian Pemancar FM Stereo, Rangkaian Pendeteksi Ponsel dan Rangkaian Pencari Sinyal [...]

    BalasHapus
  3. […] Rangkaian ini menggunakan waktu tunda tertentu. Waktu tunda ini bisa disetting sesuai keingin anda, contohnya adalah 1 menit, 5 menit sampai 1 jam. Rangkaian ini juga bisa di bilang serba guna dalam penggunaanya, misalkan untuk memadamkan lampu, dan penerapan lainnya sesuai dengan kemampuan imajinasi kita. Tapi yang perlu kita perhatikan adalah kemampuan pembebanan realy, karena relay ini punya type berbeda dan kemampuan pembebanan maksimum yang juga beda. Demikian penjelasan singkat tentang rangkaian waktu tunda, semoga rangkaian ini berguna dan bermanfaat. Baca juga artikel elektronika lainnya, seperti Rangkaian Listrik, Rangkaian Pemancar FM Stereo dan Rangkaian Pendeteksi Ponsel. […]

    BalasHapus